Jl. Mampang Prapatan XIII, Telp. 22793327

slide1
SLIDE 2
SLIDE 3
SLIDE 4
KELULUSAN

Breaking

Ads

Selasa, 25 Juli 2017

Sekolah Gratis




Assalamu'allaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Pentingnya pendidikan bagi anak Indonesia membuat pemerintah menetapkan satu hari untuk diperingati sebagai hari pendidikan nasional. Pendidikan merupakan pelita, jalan keluar dari belenggu penjajahan, kemudian dipilihlah tanggal 2 Mei yang merupakah hari kelahiran Ki Hajar Dewantara dan ditetapkan sejak 1959 sebagai hari pendidikan nasional. Kendati demikian angka putus sekolah di Indonesia masih mengkhawatirkan. Berdasarkan laporan terbaru Organisation for Economic Coopertation and Development (OECD), Education at Galnce 2015, persentase putus sekolah di Indonesia menempati posisi tertinggi kedua di dunia.

 

Di Indonesia putus sekolah seringkali dilandasi oleh alasan ekonomi seperti biaya sekolah yang mahal, keadaan ekonomi yang memaksak anak-anak bekerja membantu orang tua, akses pendidikan yang jauh dari jangkauan. Pemerintah pun berusaha menekan angka putus sekolah dengan memberikan berbagai bantuan seperti BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dan KJP (Kartu Jakarta Pintar), agaknya Indonesia harus menunggu lama untuk bisa menggratiskan biaya pendidikan seperti negara-negara berikut ini.

 

Gratis pendidikan sampai perguruan tinggi 

 

Ada tujuh negara di dunia yang menggratiskan biaya pendidikan dari jenjang SD sampai perguruan tinggi setingkat S1 di antaranya Jerman, Belgia, Norwegia, dan Finlandia. Jerman yang merupakan negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di Eropa menerapkan pajak tinggi untuk penduduknya.

 

Gratis pendidikan selama 11 tahun

Di Inggris dan Selandia Baru, pemerintah memang menggratiskan biaya pendidikan selama 11 tahun atau sampai pelajar berusia 16 tahun disekolah negeri. Di Inggris pendidikan dimulai sejak anak berusia 3 atau 4 tahun dengan memasukan anak ke playgroup meskipun pendidikan di jenjang ini tidak wajib, Selanjutnya pendidikan dasar dimulai dari usia lima sampai 11 atau 13 tahun, sedangkan sekolah menengah dimulai dari usia 11 atau 13 sampai 16 tahun 

 

Gratis pendidikan selama 10 tahun

Di Kanada, biaya pendidikan dasar sampai sekolah menengah gratis, Pelajar dari keluarga ekonomi kurang mampu ( Penghasilan US$50.000 per tahun) di Ontario mendapatkan bantuan dana untuk melanjutkan kulia. Pemerintah Kanada, Prancis, maupun Spannyo menggratiskan biaya pendidikan selama 10 tahun atau sampai berusia 15 tahun.

 

Gratis pendidikan selama 9 tahun 

Jepang, Russia, Swedia merupakan negara yang menggratiskan pendidikan sembilan tahun masa tempuh atau setingkat SMP di Jepang, siswa sekolah dasar mendapatkan makan siang gratis. Makanan dihidangkan oleh sekelompok siswa yang bertugas secara bergantian. Orangtua ikut dilibatkan dalam proses pendidikan di Jepang lewat hari kunjungan orang tua, festival olahraga, dan festifal seni yang dimiliki oleh setiap sekolah. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Meski pendidikan menyerap hingga 20 persen anggaran negara, kita masih terus berharap pemerintah bisa menggratiskan biaya pendidikan, namun yang pasti jangan sampai biaya menjadi penghalang buah hati untuk mencapai cita-cita. Salah satu cara untuk menyiapkan biaya pendidikan adalah dengan membuat tabungan rencana pendidikan. 

 

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads