Jl. Mampang Prapatan XIII, Telp. 22793327

slide1
SLIDE 2
SLIDE 3
SLIDE 4
KELULUSAN

Breaking

Ads

Kamis, 09 Juni 2022

Program Literasi Sekolah

 


Pada abad ke-21 ini, kemampuan berliterasi peserta didik berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan membaca yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analistis, kritis, dan reflektif. Berdasarkan hal itulah, SMP Negeri 104 Jakarta mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). GLS SMP Negeri 104 Jakarta merupakan sebuah upaya menjadikan SMP Negeri 104 Jakarta sebagai organisasi yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

SMP Negeri 104 Jakarta memiliki peran yang amat penting dalam menanamkan budaya literat pada peserta didik. Untuk itu, di SMP Negeri 104 Jakarta dengan budaya literasi yang tinggi, peserta didik akan cenderung lebih berhasil dan guru lebih bersemangat mengajar. Perlu dipahami bahwa program membaca seperti membaca dalam hati dan membaca nyaring hanyalah sebagian dari kerangka besar untuk membangun budaya literasi sekolah. Agar sekolah mampu menjadi garis depan dalam pengembangan budaya literat, Beers, dkk. (2009) dalam buku A Prinscipal's Guide to Literacy Instruction menyampaikan beberapa strategi untuk menciptakan budaya lieterasi yang positif di sekolah, antara lain :

  1. Mengkondisikan lingkungan fisik ramah literasi.
  2. Mengupayakan lingkungan sosial dan efektif sebagai model komunikasi dan interaksi yang literat.
  3. Mengupayakan sekolah sebagai lingkungan akademik yang literat Program GLS dilaksanakan secara bertahap dengan mempertimbangkan kesiapan SMP Negeri 104 Jakarta. Kesiapan ini mencakup kesiapan kapasitas sekolah (ketersediaan fasilitas, bahan baca, sarana, prasarana literasi), kesiapan warga sekolah, dan kesiapan sistem pendukung lainnya partisipasi publik, dukungan kelembagaan, dan perangkat kebijakan yang relevan). Berikut adalah pembiasaan yaitu dengan membaca buku non pelajaran selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai.  Dan hasil kegiatan membaca dituliskan ke dalam jurnal harian GLS.


Selanjutnya pengembangan literasi SMP Negeri 104 Jakarta adalah kegiatan menanggapi buku pengayaan, Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain : Memberikan tanggapan dalam bentuk komentar, resensi, esai terhadap buku yang telah selesai dibaca ke dalam JURNAL MEMBACA TAHAP PENGEMBANGAN.


Bentuk kegiatannya bedah buku, reading contest, dan menulis cerpen, untuk memastikan keberlangsungannya dalam jangka panjang, GLS dilaksanakan oleh SMP Negeri 104 Jakarta dengan tahap (1) pembiasaan, (2) pengembangan, dan (3) pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads